Chief Information Officer

Image currently unavailable!

Chief Information Officer (CIO) adalah sebuah jabatan yang umumnya diberikan kepada seseorang dalam sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas teknologi informasi dan sistem komputer yang mendukung tujuan perusahaan.

Sejalan dengan semakin pentingnya sistem informasi dan teknologi informasi (SITI), CIO telah dipandang banyak oranisasi sebagai sebuah kontributor kunci dalam memformulasikan tujuan strategis. Di banyak perusahaan, seorang CIO bertanggung jawab langsung terhadap Chief Executive Officer (CEO). Pada beberapa perusahaan, seorang CIO duduk dalam jajaran eksekutif. Biasanya, seorang CIO dalam sebuah perusahaan besar mendelegasikan keputusan teknis kepada karyawan/staf yang lebih familiar dengan detail. Biasanya, seorang CIO mengusulkan teknologi informasi yang akan dibutuhkan sebuah perusahaan untuk mencapai tujuannya dan kemudian bekerja dalam anggaran untuk mengimplemntasikan rencana tersebut.

Biasanya, seorang CIO terlibat dengan menganalisis dan proses pengerjaan ulang bisnis yang ada, dengan mengidentifikasi dan mengembangkan kemampuan untuk menggunakan alat-alat baru, dengan membentuk kembali infrastruktur fisik perusahaan dan akses jaringan, dan dengan mengidentifikasi dan memanfaatkan sumber-sumber pengetahuan perusahaan. Banyak CIO memimpin upaya perusahaan untuk mengintegrasikan Internet dan World Wide Web ke dalam kedua strategi jangka panjang dan rencana bisnis jangka pendek.

Lima fungsi dan peran CIO menurut Sprague adalah sebagai berikut:

  1. Understand the business.
  2. Establish credibility of the systems department.
  3. Increase the technological maturity of the firm.
  4. Create a vision of the future and sell it.
  5. Implement an information system architecture.

Referensi
Sprague, and Barbara C. McNurlin. Information Systems Management in Practice, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall Inc., 1993.

Image currently unavailable!

"Things are growing rapidly. If you can’t scale your organization through people, which you don’t always want to do, you will need to scale it with technology to make it more efficient and lean."

0 comments:

Post a Comment