Delapan Ciri Perusahaan yang Unggul 1

Image currently unavailable!

Perusahaan unggul..? Tentunya ada beberapa karakteristik yang perlu diketahui sebagai identifikasi bahwa sebuah perusahaan merupakan organisasi yang unggul. Pada kesempatan pertama ini akan diulan empat ciri yang pertama, selanjutnya akan dibahas pada kesempatan yang lain.

A BIAS FOR ACTION. Perusahaan lebih berkiblat pada aksi, tidak hanya berkutat dengan rencana. Prinsipnya – try it, do it, and fix it. Lebih menghargai tindakan nyata daripada ambisi yang abstrak. Tidak menyukai – no action, talk only.

CLOSE TO THE CUSTOMER. Memahami dengan baik apa yang diinginkan konsumennya. Konsumen adalah segala-galanya. Memahami harapan konsumen dengan cara:

  • Mendirikan Dewan Konsumen
  • Layanan Konsumen 24 Jam
  • Melakukan riset konsumen, dan sejenisnya.
Kepuasan konsumen terjadi apabila yang diberikan perusahaan minimal sama dengan harapan konsumen.

AUTONOMY AND ENTREPRENEURSHIP. Menghargai sikap karyawan yang berani untuk mandiri, pandangan yang original, berani mengambil resiko, dan sejenisnya. Tidak menyukai kultur – as long as the Boss like (asal bapak senang).

PRODUCTIVITY THROUGH PEOPLE. Manusia merupakan aset terpenting perusahaan melebihi mesin maupun bangunan. Karyawan dianggap aktor dewasa, bisa dipercaya, dan memiliki kreativitas yang unik. Komitmen bahwa karyawan adalah aset terpenting – dibuktikan dengan anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan pelatihan karyawan.

Bersambung...

Referensi: Peters, T. and R.J. Waterman Jr., In Search of Excellence. New York: Harper and Row, 1982. | Supratikno, Hendrawan, dkk. Advanced Strategic Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.

"Sangat penting memahami harapan konsumen dan menghargai sikap karyawan..."

0 comments:

Post a Comment