Hubungan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Sering menjumpai istilah SI atau TI? SI singkatan dari Sistem Informasi dan TI singkatan dari Teknologi Informasi. Namun sering pula jika diminta untuk mendeskripsikan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi masih banyak yang bingung, karena belum adanya pemahaman yang jelas terhadap kedua istilah tersebut. Hal ini terjadi karena kedua istilah tersebut sering digunakan secara bergantian di dalam artikel, namun pada prinsipnya kedua istilah tersebut memiliki arti pemahaman berbeda.

Sistem Informasi (SI)

Sebuah sistem informasi dapat didefinisikan secara teknis sebagai sekumpulan komponen-komponen saling terhubung yang mengumpulkan (mendapatkan), memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan dan pengendalian keputusan dalam sebuah organisasi. [1]

UK Academy of Information Systems (UKAIS) mendefinisikan sistem informasi sebagai alat atau cara yang digunakan orang-orang atau organisasi, dengan memanfaatkan teknologi untuk memperoleh, memproses, menyimpan, menggunakan dan menyebarkan informasi. [2]

SI dapat berupa suatu kombinasi terorganisir atas orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi, sumber data, dan kebijakan maupun prosedur yang menyimpan, mengambil, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. [3]

Orang-orang bergantung pada sistem informasi modern untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan berbagai macam peralatan fisik (hardware), pemrosesan informasi instruksi dan prosedur (software), jalur komunikasi (networks), dan penyimpanan data (data resources).

SI yang memanfaatkan komputer dalam operasinya sering kali disebut Computer-Based Information Systems (CBIS). Manfaat dari CBIS adalah untuk memberikan para manajer (dan berbagai kategori karyawan) dengan jenis informasi yang tepat untuk membantu mereka dalam menentukan keputusan. CBIS digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisa data dari seluruh departemen dan didesain untuk memberikan manajemen organisasi dengan informasi yang up-to-date setiap saat.

Teknologi Informasi (TI)

Teknologi informasi merupkan sebuah istilah umum yang mendeskripsikan seluruh teknologi yang membantu untuk memproduksi, memanipulasi, menyimpan, menyajikan, dan/atau menyebarkan informasi. [4]

Perlu diketahui bahwa ada dua bagian penting teknologi informasi — teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Computer merupakan sebuah mesin multifungsi yang dapat diprogram untuk dapat menerima data (fakta mentah atau angka) dan memprosesnya, atau memanipulasinya menjadi informasi yang berguna. Sedangkan teknologi komunikasi, atau sering disebut teknologi telekomunikasi, terdiri atas peralatan elektromagnetis dan sistem untuk berkomunikasi jarak jauh.

TI berkenaan secara spesifik dengan teknologi, pada dasarnya berupa hardware, software, dan jaringan telekomunikasi. Baik yang nyata (mis. server, PC, router dan kabel jaringan) dan yang maya (mis. software dengan segenap tipenya). TI memfasilitasi aktivitas akuisisi, pemrosesan, penyimpanan, penyajian dan penyebaran informasi dan konten digital lainnya. [2]

Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kedua istilah tersebut benar-benar berbeda. SI berkenaan dengan "tools/cara" untuk mendapatkan, memproses, menyajikan dan menyebarkan informasi, sedangkan TI lebih berkenaan dengan "berbagai teknologi" yang digunakan untuk menjalankan/mendukung SI, yang pada dasarnya terdiri atas teknologi komputer dan komunikasi.


Bibliography:

  1. Laudon, K. C. and Laudon, J. P. (2012) Management information systems: Managing the digital firm - 12th edition. 12th edn. Boston: Prentice Hall.
  2. Griffiths, P. M., Whitmore, P., Peppard, J. and Ward, J. L. (2002) Strategic planning for information systems. 3rd edn. New York: Wiley, John & Sons.
  3. O’Brien, J. A. and Marakas, G. M. (2009) Introduction to information systems. 15th edn. New York: McGraw Hill Higher Education.
  4. Williams, B. K. and Sawyer, S. C. (2010) Using information technology: A practical introduction to computers & communications: Complete version. 9th edn. New York, NY: McGraw Hill Higher Education.

0 comments:

Post a Comment